Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 1 – 5 tahun

Siti Rofi’ah

Abstract


Latar belakang: Perkembangan psikologi yang salah akibat dari pola keluarga yang patogenik yang akan mem-berikan dampak persaingan antar saudara yang kurang sehat. Banyak orang tua yang tanpa sadar telah menem-patkan salah satu anak sebagai yang dikalahkan untuk melerai suatu perkelahian antar saudara.

Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kejadian sibling rivalry pada anak usia 1-5 tahun di Desa Bejen Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung tahun 2013.

Metode: Jenis penelitian analitik dengan metode cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu yang mempunyai anak usia 1-5 tahun dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, kemudian dianalisis dengan uji Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 responden diperoleh 9 (28.1%) responden menerapkan pola asuh autoritatif, 6 (18.8%) responden menerapkan pola asuh otoriter, dan 17 (53.1%) responden menerapkan pola asuh permisif. Terdapat 18 anak (56.2%) mengalami sibling rivalry dan 14 anak (43.8%) tidak mengalami sibling rivalry. Hasil analisa chi-Square dengan α (0.05) didapatkan nilai ρ=0.000.

Kesimpulan: ada hubungan pola asuh orang tua dengan kejadian sibling rivalry pada anak usia 1-5 tahun. Dengan kekuatan korelasi 0,608 yang menyatakan kuat.

Keywords


Pola Asuh Orang Tua, Sibling Rivalry

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36307/jik.v1i3.13

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.akbidyo.ac.id/index.php/JIK.

Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science) Stats