PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING

Authors

  • Henik Istikhomah
  • Indarto A.S
  • Dewi Tustika P.S

DOI:

https://doi.org/10.36307/jik.v2i2.59

Abstract

Latar belakang :Menurut survey pendahuluan pada bulan Januari 2014, mahasiswa DIV Kebidanan Pendidik me- nyatakan e-learning merupakan terobosan yang bagus dalam proses pembelajaran karena dapat memanfaatkan teknologi jarak jauh dan simple bisa belajar dimana saja maupun
Tujuan penelitian: Mengungkap persepsi mahasiswa tentang media pembelajaran e-learning pada mata kuliah teknologi pendidikan dan media pembelajaran di Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta.
Metode penelitian: Menggunakan rancangan kualitatif, teknik pengumpulan sampel secara purposive sampling, jenis sampling maximum variation sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik Diskusi Kelompok Terarah dan Wawancara Mendalam. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian: Informan mengetahui pengertian e-learning adalah sebagai sarana pembelajaran menggunakan internet. Pada mata kuliah teknologi pendidikan dan media pembelajaran e-learning sudah mulai digunakan. Pe- nerapan e-learning belum maksimal karena kurangnya minat dan teknis penggunaan media e-learning. Manfaat e- learning bagi mahasiswa, dosen dan institusi adalah untuk memudahkan dalam proses pembelajaran. Hambatan- hambatan e-learning terdiri dari hambatan internal dan hambatan eksternal. Kerugian penggunaan e-learning tidak ada interaksi antara dosen dan mahasiswa.
Simpulan: E-learning adalah media pembelajaran yang memanfaatkan internet. Penerapan e-elearning pada mata kuliah teknlogi pendidikan dan media pembelajaran belum maksimal karena kurang adanya partisipasi dan motivasi mahasiswa. Manfaat e-learning memudahkan mahasiswa, menghemat biaya, waktu yang fleksible, meningkatkan reputasi kampus. Hambatan-hambatan e-learning adalah minat mahasiswa yang kurang, admin yang belum cepat, sosialisasi yang kurang.Kekurangan dari media e-learning adalah kurang adanya interaksi dosen dan mahasiswa
sehingga penilaian hanya bersifat obyektif.

Background: According to preliminary survey in January 2014, students of DIV Midwifery Educator expressed e-learning is a great breakthrough in the learning process because it can use technology and we are able to learn everytime everywhere.
Objective: Unconvering the student’s perceptions about media e-learning on educational technology adn instruc- tional media course in Obstetrics Department at Surakarta Health Plytechnic
Methods: Using a qualitative design, sample collection techniques by purposive sampling, types of sampling maxi- mum variation sampling. Collecting data using techniques focus group discussions adn in-depth interviews. The validity of data using triangulation techniques.
Result: Informans knowing e-learning is to use the internet as a learning tool. In the course of educational technol- ogy and e-learning media has begun to be used. The implementation of e-learning is not maximized due to lack of interest and technical use of the medium of e-learning. Beneï¬ts of e-learning for students, faculty and istitutions is to facilitate the learning process. Barriers to e-learning consists of interal barriers and external barriers. The disadvat- age of use e-learning is no interaction between faculty adn students.
Conclusion: The implementation of the e-elearning in the course of education technology and instructional media is not maximized due to lack of participation and motivation of students. Beneï¬ts of e-learning if easier for students, save costs, time flexible, enhancing the reputation of the campus. Barriers to e-learning is the lack of interest of students, the admin is not competent yet, less socialization. Disadvantages of e-learning media is the lack of inter- action of faculty and students that are objective assessment only.

Downloads

Published

2018-09-04

Issue

Section

Article