ANALISIS KEPUASAN PASIEN PENERIMA BANTUAN IURAN BPJS KESEHATAN PADA PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X
DOI:
https://doi.org/10.36307/3jjnbd50Abstract
Latar belakang: Berdasarkan studi pendahuluan, wawancara kepada 5 pasien PBI BPJS Kesehatan, dari 5 pasien PBI tersebut ada yang mengeluh petugas pendaftaran kurang cepat dalam mendaftarkan pasien dan ruang tunggu yang sempit.
Tujuan: Mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien PBI BPJS Kesehatan dari 5 dimensi tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy di Rumah Sakit X.
Metode: Penelitian menggunakan desain cross sectional dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian berjumlah 96 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi
Hasil: Hasil Uji T menyatakan bahwa secara parsial dimensi tangibles, assurance, dan empathy memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien PBI di bagian pendaftaran dengan nilai signifikasi yaitu 0.002, 0.002, dan 0.020, diketahui nilai signifikansi < 0.05. Dimensi responsiveness, dan reliabilty tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien PBI di bagian pendaftaran dengan nilai signifikasi yaitu 0,201, dan 0,058, diketahui nilai signifikansi > 0.05. Hasil Uji F menyatakan bahwa secara simultan dimensi tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS PBI di bagian pendaftaran dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.
Kesimpulan: Secara parsial dimensi tangibles, assurance, dan empathy memiliki pengaruh positif signifikan, secara simultan dimensi tangibles, responsiveness, reliabilty, assurance, dan empathy memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS PBI di bagian pendaftaran rawat jalan Rumah Sakit X.
Kata kunci: : Pelayanan pendaftaran, Kepuasan pasien, PBI BPJS